Meningkatkan Conversion Rate menggunakan Digital Marketing

Digital Marketing | Dalam istilah internet marketing, optimasi konversi, atau optimasi tingkat konversi (CRO / Conversion Rate Optimization) adalah sistem untuk meningkatkan persentase pengunjung ke situs web yang mengubah menjadi pelanggan, atau secara lebih umum, melakukan tindakan yang diinginkan pada halaman web. Hal ini biasa disebut sebagai CRO. Contoh anda ingin agar semua pengunjung website anda membeli produk yang anda tawarkan disana.

Optimalisasi tingkat konversi online (atau pengoptimalan situs web) lahir karena kebutuhan pelaku usaha e-commerce untuk meningkatkan kinerja situs web mereka setelah era perkembangan dot-com. Seiring pertumbuhan persaingan di web selama awal tahun 2000an, alat analisis situs web dan kesadaran akan pentingnya menggunakan situs web mendorong pemasar internet untuk menghasilkan statistik penilaian untuk meningkatkan pengalaman pengguna (pengunjung) situs web mereka.

meingkatkan conversion rate dengan Digital Marketing
Digital Marketing - Pictures by Pixabay
Pada tahun 2004, alat baru memungkinkan pemasar internet untuk bereksperimen dengan desain situs web dan variasi konten untuk menentukan layout, copy teks, penawaran, dan gambar yang terbaik. Bentuk pengoptimalan ini dipercepat pada tahun 2007 dengan diperkenalkannya Google Website Optimizer. Optimalisasi dan konversi hari ini adalah aspek kunci dari banyak kampanye pemasaran digital. Sebuah studi penelitian yang dilakukan pada internet marketer pada tahun 2014, menunjukkan bahwa 59% responden berpendapat bahwa CRO "penting untuk keseluruhan strategi pemasaran digital mereka".

Optimalisasi tingkat konversi berbagi banyak prinsip dengan Direct Selling (pemasaran langsung) - pendekatan pemasaran yang menekankan pada pelacakan, pengujian, dan perbaikan yang sedang berjalan. Direct Selling dipopulerkan pada awal abad ke-20 dan didukung oleh pembentukan kelompok industri seperti Direct Marketing Association, yang dibentuk pada tahun 1917.

Seperti optimasi tingkat konversi modern, pemasar respon langsung juga mempraktekkan pengujian split-testing, response tracking, dan pengujian orang-orang A / B untuk mengoptimalkan kampanye surat, radio, dan cetak.

CRO Dengan Digital Marketing


Digital Marketing yang menekankan pada beberapa aspek pilar Internet markeitng seperti SEO, SEM dan SMM mampu meningkatkan potensi Conversion Rate secara signifikan. Dengan Digital Marketing Campaign yang tepat maka anda bisa meningkatkan CRO secara drastis.

Dengan SEO dan SEM maka anda memudahkan calon pelanggan menemukan profil bisnis anda di mesin pencari. Dsedangkan dengan SMM maka anda memudahkan para calon pelanggan anda menukan informasi bisnis anda di social media. Campaign yang tepat akan menjangkau calon pelanggan yang potensial sehingga level CRO akan lebih tinggi.

Jadi, kapan anda akan mulai menggunakan Digital Marketing untuk bisnis anda?

Regards,



Comments